Laman

Kamis, 12 September 2019

TERMURAH!! HP 0852.5756.6933, Sejarah Ampok Jagung (Gerit/Empok/Nasi Jagung), Makanan Pengganti Nasi Zaman Dulu




http://www.tiwulinstanmalang.com/p/nasi-jagung.html

ilustrasi nasi jagung/copyright Shutterstock

Jika ngomongin satu per satu, mungkin akan memakan waktu yang tidak sebentar untuk membahas makanan Indonesia yang khususnya adalah makanan khas Jawa, salah satunya adalah nasi jagung. Nasi yang juga dikenal dengan nama nasi ampok, empok ataupun gerit jagung, ini seperti namanya, terbuat dari jagung.

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa jagung yang digunakan adalah jagung tua yang telah dipipil (dipisahkan dari tongkolnya) kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Nasi jagung/Empok/Ampok atau Gerit Jagung ini lebih umum dikonsumsi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan hal ini bukan tanpa alasan, ada sejarah asal mula unik hingga munculnya nasi jagung ini.

Tonton juga:



Dahulu kala, ketika paceklik atau kondisi sulit tanam, beras sulit didapatkan dan banyak orang yang pada akhirnya tidak bisa mengkonsumsi nasi, apalagi untuk orang-orang pedesaan yang notabene tidak mampu. Tanaman yang menghasilkan pada saat itu adalah jagung, yang tidak begitu memerlukan banyak perawatan dan air. Pada akhirnya orang secara kreatif memanfaatkan biji jagung menjadi makanan pengganti nasi.

Begitu pula di pulau Madura dan Nusa Tenggara yang punya kondisi tanah kering, dibandingkan dengan beras, produksi yang melimpah adalah jagung sehingga mereka berpikir untuk bisa mengolah jagung menjadi makanan pokok pengganti nasi/beras.

Tak heran jika nasi jagung memiliki harga yang murah jika dibandingkan dengan beras, Maka dari itu harga jual jagung kebanyakan lebih murah dibandingkan dengan nasi atau beras, karna memang saat itu nasi jagung memang sengaja dibuat saat masa-masa itu mengalami kesulitan makan nasi. Terlepas dari disfavor/kesan makanan orang miskin atau makanan yang serba sulit, nasi jagung memiliki gizi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari nasi beras. Dan kandungan nutrisi nasi jagung tak bisa diabaikan manfaatnya bagi kesehatan.


http://www.tiwulinstanmalang.com/p/nasi-jagung.html

Nasi jagung (Ampok/Empok/Gerit Jagung) masih terus dikonsumsi hingga saat ini dan pemasakannya bisa dicampur dengan nasi beras. Dan bahkan sering membuat kangen banyak orang karena memberi kesan pedesaan yang alami dan nyaman. Nasi jagung (Ampok/Empok/Gerit Jagung) juga bisa jadi pengganti nasi beras putih untuk pelaku diet sehat karena memang kandungan kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan nasi.


Jika Anda ingin menikmati Nasi jagung (Ampok/Empok/Gerit Jagung) untuk kesehatan Anda. Anda bisa hubungi kami disini www.tiwulinstanmalang.com, karena selain Tiwul dan Gatot, kami jest juga menyediakan Nasi jagung (Ampok/Empok/Gerit Jagung).

Informasi Pemesanan bisa hubungi kami disini:



Bp Andrian Firmanto,
Call/WA: 0852.5756.6933 (TELKOMSEL)
SMS : 0852.5756.6933 (TELKOMSEL)

Bisakah Nasi Jagung untuk Diet,Nasi Jagung bisa untuk Diet
,Nasi Jagung,Nasi Jagung untuk Diet,Nasi Jagung Komplit,Nasi Jagung Surabaya,Nasi Jagung Instan,Nasi Jagung untuk Ibu Hamil,Nasi Jagung Malang,Nasi Jagung di Surabaya,Nasi Jagung untuk Diabetes,Nasi Jagung utk Diabetes,Nasi Jagung untuk diabet,Nasi Jagung untuk Penderita Kolesterol,Nasi Jagung untuk penderita Maag,Nasi Jagung untuk Asam Urat,Beras Jagung untuk Diet,Manfaat Nasi Jagung untuk Diet,Khasiat Nasi Jagung untuk Diet,Kalori Nasi Jagung untuk Diet,Manfaat Nasi Jagung untuk Diabetes,Nasi Jagung bagus untuk Diet,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar