Laman

Selasa, 17 Desember 2019

Tiwul dan Grontol, Lenjongan yang Kenyal dan Gurih dan Enak untuk dinikmati


Tidak hanya gudeg serta tengkleng, Solo pula memiliki lenjongan ataupunaneka jajanan pasar yang lezat. Terdapat getuk, gatot, tiwul sampai klepon yang kenyal lezat.

Di pasar tradisional Solo, ada banyak penjual lenjongan. Mereka menjajakan macam jajanan pasar semacam klepon, sawut, grontol, serta cenil. Umumnya ditaruh di atas tampah serta diberi sekat- sekat daun pisang.


Pelengkapnya kelapa parut serta kinca ataupun sirop gula Jawa. Biayanya lumayan murah. Dengan Rp. 3. 000 dapat memilah aneka jajanan yang disuka. Ditaruh di atas pincuk serta jajanan pasar opsi siap dimakan. biasanya dinikmati bagaikan menu makan pagi dengan secangkir kopi.

1. Klepon

Bola- bola bercorak hijau menawan ini jadi kesukaan banyak orang. Klepon terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, serta kelapa parut. Buat menikmatnya,masukkan sekalian dalam mulut sertagigit klepon dalam mulut supaya isian gula merahnya tidak muncrat.

2. Gendar puli

Gendar puli terbuat dari kombinasi beras serta beras ketan. Jajanan ini kemudian diberi perona hijau serta dikukus sampai matang ataupun padat. Umumnya gendar puli dipotong dadu. Rasanya kenyal serta hambar. Karenanya sangat lezat dicocol sirop gula merah.


3. Jongkong

Agak berbeda dari yang lain, jongkong dibungkus daun pisang. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur bersama santan serta gula kemudian dikukus sampai matang. Rasanya manis serta lembut.

4. Sawut

Sawut terbuat dari serutan singkong, daun pandan, serta gula merah. Singkong kemudian dikukus sampai matang. Rasa kenyal gurihnyadisukai banyak orang.

5. Tiwul

https://www.instagram.com/tiwulinstan_malang/


Mirip dengan gatot, tiwul pula terbuat dari gaplek. Kelainannya gaplek butuh dihaluskan sampai jadi tepung. Tepung setelah itu diberi kombinasi air gula serta gula Jawa kemudian diaduk di atas tampah sampai berupa butiran kecil.

Tidak menyudahi disana, butiran tersebut diayak serta dilempar- lempar sampai butiran agresif serta halusnya terpisah. Proses ini diucap ditinting. Langkah terakhir, pengukusan butiran sepanjang kurang lebih 30 menit. Tiwul kemudian disajikan dengan taburan kelapa parut

6. Gatot

https://www.instagram.com/tiwulinstan_malang/


Gatot merupakan jajanan khas Gunung Kidul. Bahan utama pembuatannya merupakan gaplek ataupun singkong yang sudah dikeringkan. Gaplek kemudian direndam semalaman, dicuci, dipotong kecil- kecil, serta dikukus dekat 2 jam. Rasanyakenyal serta sedikit asin.



Pengen Tiwul Instan?

Anda bisa dapatkan DISINI.
Hubungi kami segera.


Bp ANDRIAN FIRMANTO
Jl. Raya Bugis No.102, Saptorenggo, Malang, Jawa Timur Kode Pos 65154
Call/SMS/WA : +62-852-5756-6933 [TSEL]
Website: www.tiwulinstanmalang.com


Cara Membuat Gatot Instan Harga Oleh Oleh Khas Malang Harga Oleh Oleh Khas Malang Harga Tepung Tiwul Harga Tiwul per kg Jual Beras Jagung di Malang Bisa Kirim ke Surabaya  Semarang  Jogja  Jakarta  Malang dan Bali Jual Gatot dan Tiwul Instan di Malang bisa kirim ke Jakarta Jual Gatot Instan Jual Gatot Instan Malang Jual Nasi Jagung di Malang bisa kirim ke Sidoarjo Surabaya Probolinggo Batam Tangerang Jakarta Solo Jogja dan Bekasi Jual Nasi Tiwul di Malang bisa kirim ke Surabaya  Jakarta  Bekasi dan Jogja Jual Oleh Oleh Khas Malang bisa kirim ke Jakarta Jual oleh oleh khas Malang bisa kirim ke Surabaya Jual Oleh Oleh Khas Malang Online Jual Tepung Tiwul bisa kirim ke Jakarta Jual Tiwul Jual Tiwul Instan di Malang Bisa Kirim ke Surabaya  Semarang  Jogja  Jakarta  Malang dan Bali Jual Tiwul Instan di Malang bisa kirim ke Wonosari Jual Tiwul Instan Malang Jawa Timur Jual Tiwul Mentah Jual Nasi Jagung di Malang Bisa Kirim ke Surabaya  Semarang  Jogja  Jakarta  Malang dan Bali Jual Nasi Tiwul di Malang Jual Oleh Oleh Khas Malang Online Pabrik Tiwul Instan Penjual Oleh Oleh khas Malang Tempat Jual Oleh-Oleh Khas Malang Tempat Jual Oleh-Oleh Khas Malang bisa kirim ke Jakarta Tiwul Instan berasal dari Tiwul Instan dapat dikemas dengan Tiwul Instan Malang Tiwul Instan terbuat dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar