Laman

Selasa, 17 Desember 2019

Tiwul, Pangan Era Krisis yang Menjelma menjadi Jajanan Pasar Fenomenal


Dikala ini, tiwul diketahui bagaikan jajanan pasar yang sangat merakyat. Tiwul lumayan gampang ditemui di banyak wilayah, paling utama di Jawa Tengah serta Yogyakarta. Umumnya, tiwul dijajakan di pasar tradisional semenjak subuh sampai menjelang siang hari. Dengan porsinya yang kecil, kemilan manis ini sesuai bagaikan pengganjal perut di pagi hari.

http://www.tiwulinstanmalang.com/p/tiwul-instan-rasa-original.html



Bila ditelusuri sejarahnya, tiwul sesungguhnya ialah santapan pokok warga pada masa kemudian. Tiwul yang berbahan baku singkong dijadikan pengganti nasi kala harga beras tidak terbeli oleh warga. Perihal ini terjalin pada masa penjajahan Jepang serta pada masa 1960- an. Pada masa kemudian, tiwul dimakan selayaknya nasi, dengan lauk pauk dan sayur- mayur.

http://www.tiwulinstanmalang.com/p/tiwul-instan-rasa-original.html


Perihal ini amat berbeda dengan yang kita temui dikala ini. Tiwul biasanya disandingkan dengan parutan kelapa serta siraman gula merah. Tidak hanya itu, terdapat banyak alterasi penyajian serta bahan aksesoris yang dapat ditambahkan. Di antara bahan aksesoris tersebut antara lain ketan gelap, jagung rebus pipilan, serta singkong rebus yang diserut.


Tiwul terbuat dari singkong yang dijemur sampai kering, ataupun biasa diucap gaplek. Gaplek ditumbuk sampai halus, setelah itu dikukus sampai matang. Hasil kukusan inilah yang diucap dengan tiwul. Bila dimakan bagaikan santapan pokok, tiwul bisa dihidangkan bersama lauk pauk antara lain sayur lombok ijo, tempe gembus goreng, serta sambal.


Pengen Tiwul Instan?

Anda bisa dapatkan DISINI.
Hubungi kami segera.


Bp ANDRIAN FIRMANTO
Jl. Raya Bugis No.102, Saptorenggo, Malang, Jawa Timur Kode Pos 65154
Call/SMS/WA : +62-852-5756-6933 [TSEL]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar